Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan

manfaat buah semangka

Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan - Ketika panas terik yang menyengat di depan kita kemudian disajikan potongan buah semangkat yang dingin. Wuihhh... rasanya segar. Buah semangka memang memiliki rasa manis yang segar, dan dibalik rasanya yang manis tersebut ternyata terkandung segudang khasiat buah semangka yang baik untuk kesehatan.

Sebelum kita membahas tentang khasiat buah semangkat, ada baiknya kita kupas terlebih dahulu tentang seluk beluk buah semangka!


Semangka yang memiliki nama latin Citrullus lanatus sebenarnya masih tergolong dalam tanaman timun-timunan yang asalnya dari benua Afrika bagian selatan. Walaupun berasal dari Afrika, buah semangka mampu untuk tumbuh dengan baik di Indonesia. Layaknya tanaman timun, semangka juga tumbuh secara merambat. Umurnya cukup pendek (tidak mencapai satu tahun) dan mampu hidup dalam lingkungan yang kering.



Kandungan Buah Semangka

manfaat buah semangka
Dalam buah semangka yang lezat ternyata terkandung berbagai macam zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sebagaimana yang dilansir oleh situs Wikipedia, tabel disamping ini mencerminkan zat-zat penting yang terkandung dalam buah semangka untuk tiap 100 gramnya.

Buah semangka mengandung banyak sekali air, karbohidrat dan gula. Kombinasi ketiga nutrisi tersebut membuat semangka menjadi buah yang sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang mengalami dehidrasi.

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Tidak hanya bermanfaat bagi yang mengalami dehidrasi, buah semangka ternyata juga memiliki banyak sekali khasiat. Beberapa khasiat buah semangkat yang diketahui adalah :

1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Buah semangka diketahu memiliki Lycopene seperti yang juga terdapat pada buah tomat. Lycopene merupakan zat anti oksidan yang kuat dan berperan aktiv melawan radikal bebas dan menghambat penuaan dini. Lycopene merupakan zat yang mampu mencegah timbulnya kanker terutama kanker prostat dan juga mampu mencegah penyakit jantung.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa lycopene dapat meningkatkan kesuburan dan membangkitkan gairah sexual pada pria.
2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka memiliki khasiat untuk menginkatkan kekebalan tubuh. Selain itu Vitamin C berperan aktif dalam mempercepat penyembuhan luka serta mencegah gusi berdarah. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
3. Mencegah Rabun Senja
Buah semangka juga memiliki kandungan Vitamin A dengan jumlah yang cukup tinggi. Bila Anda ingin terhindar dari penyakit mata seperti rabun senja, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah semangka.
4. Menurunkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

Buah semangka diketahui pula mengandung potassium, yakni zat yang mampu memelihara tingkat elektrolit dalam darah sehingga mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. 

Ada banyak sekali khasiat buah semangka untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya kita makan buah semangka! Makan dua sampai tiga potong semangka setiap hari akan mampu mencukupi asupan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita.

Popular Posts