Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan


Dikesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi kepada anda tentang buah pala. Buah pala memang dikesnal sebagai buah yang digunakan sebgai campuran rempah-rempah masakan, namun dari dahulu memang buah pala menjadi rebutan bagi para bangsa penjajah di indonesia, yang seringkali merebutkan rempah-rempah asli indonesia seperti buah pala. 

Nah, dikesempatna kali ini, saya ingin berbagi informasi kepada anda tentang manfaat kandungan buah pala bagi kesehatan anda. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui lebih dalam tentang kandungan nutrisi buah pala maupun manfaatnya, ditemukan bahwa buah pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kulit dan daging buah pala misalnya, keduanya kaya akan minyak atsiri dan zat samak. Sedangkan bunganya mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Iji buah pala sendiri mengandung minyak atsiri, saponin, miristisin, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Hampir seluruh bagian dari buah pala mengandung senyawa kimia yang bermanfaat. Beberapa manfaat buah pala antara lain mengobati susah tidur, mengobati masuk angin, melancarkan pencernaan dan meningkatkan selera makan, karminatif (memperlancar buang angin), meringankan nyeri haid, mengobati rematik serta engatasi rasa mual seperti mau muntah. Selain berbagai manfaat dalam bidang pengobatan diatas, pala juga bermanfaat dalam berbagai bidang lainya khususnya bidang kuliner.

Popular Posts