Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer karena selain harganya yang murah meriah, rasanya juga cukup mengundang selera. Memang ada sebagian orang yang tidak suka mengkonsumsi buah pepaya, karena aromanya yang cukup menyengat. Selain itu beberapa orang juga beranggapan bahwa rasanya cenderung sedikit manis hambar. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai buah yang satu ini pepaya mungkin Anda akan merasa rugi karena manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh ternyata begitu besarnya.

Buah pepaya memiliki kandungan betakaroten dengan jumlah yang tinggi. Betakaroten merupakan Pro Vitamin A dan juga berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Manfaat buah pepaya tidak hanya sampai disitu. Kandungan Vitamin C yang tinggi juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit.

Berikut beberapa manfaat buah pepaya yang wajib anda tahu :


Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Dengan mengkonsumsi setidaknya 4-5 porsi sehari memiliki efek tonik yang bermanfaat dalam lambung dan usus. Buah ini mengandung enzim pencernaan, papain, yang terbukti mampu membantu pencernaan. Serat dalam buah juga mencegah sembelit.

Mengobati Luka Bakar


Kulit, daun, dan buah pepaya ternyata juga dapat digunakan untuk pengobatan luka bakar pada kulit dan luka. Para peneliti di Universitas State Medical Rusia menegaskan bahwa pepaya mempercepat penyembuhan luka bakar dan luka, karena buah memiliki anti-inflamasi dan antibakteri.

Sebagai Obat Cacing

Biji pepaya dapat membantu dalam mengusir cacing usus. Caranya kunyah kurang lebih dua sendok makan biji pepaya yang sudah ditambahkan sedikit madu kemudian telan. Rasanya memang agak sedikit pahit, tapi cara ini cukup efektif membunuh cacing dalam usus. Lakukan tiga kali sehari sehabis makan.

Mengurangi Mabuk Perjalanan

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah membantu dalam pencegahan mual yang disebabkan mabuk perjalanan. Cukup makan sedikit porsi buah pepaya ketika dalam perjalanan dan perasaan mual akan sedikit berkurang.

Sebagai Anti Oksidan

Pepaya kaya akan antioksidan dan mengandung nutrisi berupa vitamin A, C, dan E. Nutrisi yang baik diperlukan untuk fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh.

Membantu Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Pepaya membantu dalam penurunan berat badan. Buah ini rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral, dan sumber serat yang baik. Kehadiran papain dalam pepaya meningkatkan metabolisme, mencerna lemak, dan asimilasi karbohidrat dalam tubuh Anda.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pepaya sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini kaya vitamin E yang berfingsi sebagai nutrisi yang mampu menunda penuaan dengan meminimalkan pembentukan kerutan dan menjadikan kulit sehat bercahaya. Sabun pemutih yang terbuat dari buah pepaya telah diakui khasiatnya terutama di negara-negara Asia. Enzim dalam buah pepaya yang kuat, yang disebut papain, memiliki kemampuan untuk mengangkat kulit mati dari kulit sehingga mendorong regenerasi sehingga kulit terlihat lebih muda.

Banyak bukan manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh? Jika Anda tidak suka makan buah pepaya tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mengkonsumsi buah yang satu ini.

Popular Posts