9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

manfaat buah sirsak
Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh - Buah Sirsak jika dilihat dari tampilan luarnya memang tidak ada yang menyangka bahwa buah yang satu ini memiliki segudang keistimewaan. Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak dijumpai di daratan tropis indonesia. Iklim yang tropis membuat buah yang satu ini menjadi banyak tumbuh subur di berbagai daerah di indonesia.

Karena rasanya yang asam manis segar menjadikan buah sirsak sebagai salah satu buah favorit keluarga yang bisa dinikmati dalam berbagai olahan, baik untuk di jus, ataupun untuk dimakan biasa, bahkan pula ada juga yang diolah menjadi manisan sirsat.


Dibalik kelezatan rasanya yang luar biasa, ternyata manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh tidak dapat dipandang sebelah mata. Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh :

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sirsak adalah sumber vitamin C, nutrisi yang meningkatkan tingkat keasaman urin, mengakibatkan penurunan jumlah bakteri berbahaya yang mungkin ada di saluran kemih. Buah lainnya yang mengandung Vitamin C dosis tinggi adalah jambu biji, buah kiwi, pepaya, dan stroberi.

2. Mencegah Sembelit

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah mencegah sembelit secara alami. Hal ini disebabkan karena buah sirsak memiliki kandungan serat yang alami sehingga mampu menjadi solusi untuk masalah dalam buang air besar.

3. Mencegah Kram pada Kaki

Buah sirsak mengandung potasium dengan jumlah kurang lebih setengahnya dari buah pisang. kekurangan elektrolit (salah satunya potasium) dalam tubuh dapat menyebabkan kelemahan otot dan kram. Konsumsi buah sirsak dengan jumlah yang telah ditentukan mampu mengurangi keluhan kram pada kaki.

4. Menghasilkan Energi


Merasa sedikit lelah? Makanlah buah sirsak! Buah sirsak dapat memasok thiamin dan Vitamin B yang diperlukan oleh tubuh ketika memproduksi energi aerobik. Pada proses ini oksigen digunakan untuk membantu mengubah gula menjadi energi yang dapat digunakan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang 

Buat sirsak juga sarat dengan mineral tembaga. Selain kalsium, kesehatan tulang juga sangat bergantung pada asupan mineral lainnya seperti magnesium, mangan, zink dan tembaga. Zink dan tembaga terbukti mampu meningkatkan kinerja vitamin D yang menambah keefektifan penyerapan kalsium.

6. Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)


Khawatir dengan kadar kolesterol Anda? Buah-buahan segar dan sayuran adalah pilihan yang sempurna! Sirsak merupakan sumber niasin, vitamin yang menurut penelitian diketahui memiliki manfaat yang signifikan pada kadar HDL. HDL atau kolesterol baik mampu melarutkan kolesterol jahat yang menempel pada pembuluh darah.

7. Mencegah Komplikasi Kehamilan
 
Buah Sirsak juga memiliki kandungan folat yang bermanfaat bagi kehamilan. Penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa asupan folat selama kehamilan mencegah kekurangan nutrisi pada wanita hamil. Kurangnya mineral ini selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran.

8. Membantu Mencegah Anemia

Salah satu manfaat dari buah sirsak selanjutnya adalah sebagai sumber zat besi yang dapat mencegah anemia. Anemia disesbabkan adanya suatu kondisi di mana darah tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Sel darah merah bertanggung jawab atas distribusi oksigen dan menyalurkan energi ke seluruh tubuh. Zat besi merupakan nutrisi penting dalam pembentukan sel darah merah.

9. Membantu Mencegah Migrain
Sering sakit kepala sebelah atau migrain? Cobalah mengkonsumsi buah sirsak secara rutin! Buah sirsak mengandung riboflavin yang menurut penelitian diketahui bahwa asupan tinggi riboflavin membantu mencegah migrain.

Ternyata ada banyak sekali manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Anda dapat mengkonsumsi secara teratur agar dapat mengambil manfaatnya yang luar biasa. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba terapi dengan menggunakan buah sirsak.

Popular Posts